YAKOBUS 1:26-27 “IBADAH YANG MURNI DAN TIDAK BERCACAT DIHADAPAN ALLAH”

       Yakobus 1:26-27.” Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.
27  Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.”

Ibadah yang benar adalah ber ibadah yang disertai dengan perbuatan,ibadah yang bukan hanya perkataan,tetapi ibadah yang mengharagai Korban Kristus,sebab itulah yang dipesankan Tuhan,sejak bangsa Israel keluar dari Mesir dan memalalui korban Domba Paskah,maka untuk mengingat bangsa Israel diwajibkan untuk beribadah(Keluaran 12:26-28).

Korban Kristus adalah bentuk nyata dari perbuatan Kristus untuk menyelamatkan kita manusia yang berdosa,dalam hal inilah Tuhan ingin kita beribadah juga bukan dengan tangan yang kosong,tetapi dengan ungkapan kasih kepada Korban Kristus,berbuat sesuatu untuk Tuhan.

Ulangan 16:16-17.

Dijelaskan oleh Firman Tuhan dalam beribadah kita harus mempersembahkan kepada Tuhan,dan ibadah dalam satu tahun adalah:

  1.     Hari raya Paskah–>Menunjuk kepada Korban Kristus,dimana Tuhan yesus telah menjadikan diriNya mati dikayu salib untuk menebus dosa dan kesalahan kita.
  2.     Hari raya Pentakosta–>Menunjuk tentang pencurahan Roh Kudus,pada gereja hujan awal yang sekarang adalah ibadah yang penuh dengan sukacita,kebenaran dan keadilan.
  3.     Hari raya Pondok daun–>Menunjuk kepada perkawinan anak domba Allah dengan Mempelai perempuanNya,Ibadah yang mengandung janji dari pada Tuhan.

jadi ibadah yang benar adalah ibadah yang menghargai Korban Kristus,disertai dengan Roh Kudus yang menggerakan hati untuk sukacita,sehingga kita berhak mendapatkan janji dalam Ibdah dari Tuhan Yesus.

Yakobus 1:27…Ibadah yang sejati.

Ibadah yang disebutkan sejati artinya :murni,tidak ada kepalsuan,tidak tercampuri apa-apa,tulus.

Mengunjungi anak yatim piatu,janda yang benar-benar janda,dikandung maksud jelas sekali kita tidak bisa menharapkan apa-apa dari mereka,tetapi karena mereka adalah kehidupan yang diperhatikan Tuhan,maka Tuhan sendiri yang akan membalas pelayan yang demikian ini,inilah yang disebutkan ibadah dalam kasih dan perbuatan,bukan hanya sekedar bicara(1 Yohanes 3:16-18).

Allah tidak akan tinggal diam ,DIA pasti berbuat sesuatu kepada kita,asal ibadah kita benar di dalam Tuhan.

Matius 6:1-18…Bentuk Ibadah yang berkenan.

  • Matius 6:1-4…….Ibadah dalam hal MEMBERI.
  • Matius 6:5-15…..Ibadah dalam hal BERDOA.
  • matius 6:16-18…Ibadah dalam hal BERPUASA.

Ibadah yang hanya tertuju kepada Tuhan,maka kita bisa dengan hati yang ringan dalam menjalankan apa yang diperuntahkan Tuhan kepada kita,marilah kita melakukannya dengan benar supaya janji dalam ibadah itu menjadi milik kita(1 Timotius 4:8-10).Tetap semangat(AS).

About these ads
By anangsugeng Posted in Khotbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s