YAKOBUS 5:10-11(Kesabaran AYUB)

Yakobus 5:10-11 (Kesabaran AYUB)

Setelah kita mempelajari kesabaran seorang petani,maka kita akan belajar kesabaran Ayub,luar biasa Ayub saat itu,karena dia diberkati Tuhan dengan limpahnya,juga sorang yang taat beribadah,takut kepada Tuhan dan menjauhi kejahatan,tetapi seijin Tuhan Ayub di uji dengan bermacam-macam ujian.

Dan setiap kali kalau anak-anaknya habis pesta maka Ayub  berkorban untuk memohonkan ampun kepada Tuhan atas kesalahan anak-anaknya,tetapi iblis yang juga mengetahui tentang kesalehan Ayub,diberi ijin untuk mencobai Ayub,asal bukan nyawanya.

Mulailah  penderitaan demi penderitaan menimpa Ayub sampai terkena barah yang menjijikan sehingga baik teman-temannya bahkan istrinya juga mengajak Ayub untuk melawan Tuhan.

Seringkali kita yang sudah merasa diri beribadah,bertekun,berkorban tetapi Tuhan ijinkan kita mengalami banyak ujian,dan kita tidak seperti Ayub,tetapi kita mengomel,menggeruti,menyalahkan Tuhan,Ayub tidaklah demikian..dan Firman Allah berkata ”  Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut”.(Ayub 1:22),bagaimana dengan kita?seharusnya kita juga harus memuji Tuhan,bukan hanya waktu keadaan baik saja,tetapi juga waktu keadaan yang tidak baik.

Inilah kesabaran….tetap melakukan walaupun harus menderita,dan jika kita bisa bertahan dalam penderitaan itu juga berkat kasih karunia Tuhan,bukan karena kekuatan kita,sehingga kita bermegah didalam Kristus,karena justru dibalik ujian itulah Tuhan sediakan pengharapan yang indah dari Tuhan (1 Petrus 1:6-7),melalui ujian iman kita semakin lebih indah dari pada emas tua,dan memang dibutuhkan ketekunan(Roma 5:1-5).

Anak-nak Allah adalah kehidupan yang bersedia didik dan diajar,walau seringkali didikan itu keras,pahit,tetapi maksud dari itu supaya kita bisa mencapai kesucian seperti Yesus,dan penyucian itu kita dapatkan saat kita menerima Firman Tuhan.

2 Timotius 3:16-17..

Didikan Firman Tuhan itu supaya kita bisa melakukan perbuatan baik,banyak orang berkata yang penting berbuat baik,tetapi jika perbuatan baik itu tidak dengan dasar Firman,maka berarti hanya berdasarkan kekuatan,kemanusiaan maka hasilnya pasti tidak maksimal,karena justru menjadi kebanggaan manusia saja.

Jika kita lihat akhirnya dalam kitab Ayub,maka kita bisa melihat bagaimana Tuhan memberkati Ayub,walaupun istrinya sudah mengejek dan mungkin tidak sayang lagi kepada Ayub,tetapi Ayub tetap sayang dan tidak berganti istri,juga walaupunm para sahabatnya begitu tidak baik sikapnya,Ayub tetap mendoakan mereka,supaya mereka diampuni Tuhan dan diberkati Tuhan,inilah kesabaran Ayub dan akhirnya Ayub diberkati dengan limpahnya,anak-anaknya menjadi anak-anak yang cantik,,,Tuhan mengganti semua yang hilang dengan indahnya.

Ayub 23;10 “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas”.biarlah ujian itu semakin membuat kita cemerlang iman, pengharapan dan kasih kita kepada Tuhan.

Sabar itu memang sukar,sabar itu memang mengesalkan,tetapi sabar itu INDAH…sampai kapan kita sabar??? ya itulah arti kesabaran.Tetap semangat(AS)ayub

About these ads
By anangsugeng Posted in Khotbah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s