SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE

KOLOSE 1:1-2

Salam sejahtera di dalam kasih yesus Kristus Mempelai Pria Sorga.
Surat Kolose ini ditulis oleh PAULUs waktu sedang dalam penjara,dengan tujuan supaya sidang Jemaat Kolose kembali kepada penyembahan yang benar,jalan Tuhan,karena pada waktu itu orang-orang Kolose mulai terpengaruh oleh penyembahan yang salah (kepada malaikat-malaikat) , percaya pada penglihatan-penglihatan dan percaya akan adanya hari-hari baik. Rasul Paulus menegaskan pula bahwa oleh karena kehendak Allah saja ia menjadi rasul , ini mengajarkan supaya dalam melakukan segala sesuatu itu bukan oleh keinginan manusia,tapi karena KEHENDAK ALLAH. Karena hanya kehendak-Nyalah yang bisa membawa kita berkenan kepada-Nya dan layak masuk dalam Kerajaan Sorga.
Yang dikendaki-Nya ialah : supaya umat-Nya bisa menyembah-Nya dalam Roh dan kebenaran. (KISAH PARA RASUL 9:13-19a). Kehendak Allah tidak bisa dilawan oleh keinginan manusia dan jika kita mau melakukan kehendak-Nya,maka kita akan bisa melakukan hal-hal yang lebih indah dari perkara-perkara yang lalu.
MATIUS 7:21-23.
Betapa sia-sianya orang yang mengenal Tuhan tapi tidak melakukan kehendak Tuhan,karena Tuhan tidak akan menerima segala perbuatannya bahkan oleh Tuhan dikatakan pembuat kejahatan,mengapa?
2 Timotius 2:19-21.
Setiap orang yang mengatakan mengenal Tuhan,harus meninggalkan kejahatan,dan jika kehidupan kita sebagai orang yang percaya ingin semakin dipakai Tuhan,sebagai perabot yang mulia,maka harus bersedia mengalami proses pembentukan ini berarti kita harus menekan keinginan daging kita dan melakukan kehendak Tuhan,dalam melakukan kehendak Tuhan memang kita harus menderita,tetapi jika kita bisa bertahan dalam melakukan kehen dak Tuhan,maka dukacita akan diubah menjadi sukacita,karena itu dalam pelayanan Paulus selalu menyerahkan hidupnya sepenuh kedalam tangan Tuhan,tanpa mencari keuntungan dari kehidupan yang dilayaninya(2 Korintus 7:10-11).
2 Timotius 4:1-5.SURAT KOLOSE
Dalam menghadapi kondisi akhir zaman,dimana banyak jemaat yang mulai unduir,tidak menyukai ajaran sehat dan beralih pada dongeng-dongeng,tetapi sebagai pengabar kebenaran marilah kita tetap mengabarkan berita kebenaran itu dalam kondisi apapun,dengan jalan menegor,nyatakanlah yang salah dan nasehatilah dengan kesabaran supaya rohani mereka bisa diperbaharui.
Anak Tuhan yang tidak diperbaharui,adalah anak Tuhan yang tidak bisa membedakan mana kehendak Allah dan yang bukan,dan kehidupan yang demikian nanti akhirnya sudah menjadi serupa dengan dunia ini.
Di dalam surat Kolose ini jemaat diajarkan untuk hidup murni,adalah kehidupan yang menurut kehendak Tuhan,dan ini hanya didapat dalam penyucian Firman dan penghargaan atas Korban Kristus,sehingga bisa mengagungkan Kristus dalam penyembahan.
Disebutkan juga bagaimana kehidupan yang sudah diperbaharui adalah kehidupan yang dibebaskan dari keterikatan aturan dari nenek moyang,ataupun peraturan dunia,kita mampu melakukan kehendak Allah,karena ada HIKMAT dari ALLah.
Dengan kerinduan kita untuk menjangkau kembali jiwa-jiwa yang mulai meninggalkan kehendak Tuhan,maka Tuhan pasti mengadakan pembelaan bagi kita yang terbukti ada kesetiaan dan kemurnian.Tetap semngat(AS).

By anangsugeng Posted in Khotbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s